Perang Gaza Minggir, China-Jepang Panas di Asia

Perang Gaza Minggir, China-Jepang Panas di Asia

Ilustrasi bendera Jepang dan China

Perseteruan meliputi hubungan Jepang dan China. Terbaru, kedua negara Asia Timur ini panas soal pulau-pulau di Laut China Timur.

Penjaga pantai China mengatakan bahwa kapal nelayan Jepang dan beberapa kapal patroli menyusup ke perairan sekitar pulau-pulau kecil, yang disebut Diaoyu di China dan Senkaku di Jepang. Pulau-pulau tak berpenghuni tersebut dikuasai Jepang namun juga diklaim oleh Beijing.

“Kami telah mengambil tindakan yang diperlukan sesuai dengan hukum untuk memperingatkan kapal-kapal Jepang,” tulis Penjaga Pantai China dikutip¬†CNBC International, Senin (11/12/2023).

Di sisi lain, Penjaga pantai Jepang https://sportifkas138.site/ mengatakan pada hari Sabtu bahwa dua kapal patroli maritim China meninggalkan perairan teritorial Jepang di sekitar pulau-pulau tersebut setelah menerima peringatan. Dikatakan bahwa kapal patrolinya melindungi kapal nelayan Jepang yang didekati oleh kapal milik Beijing.

Ini merupakan kesekian kalinya insiden antara keduanya terjadi. Di tahun ini, kejadian serupa terjadi pada bulan November dan Oktober.

Perselisihan antara Jepang dan China terkait pulau ini bahkan pernah menekan hubungan dagang antara kedua negara. Mengutip East Asia Forum, Beijing bahkan pernah menggunakan ‘perang’ ekonomi untuk menghadapi Jepang lantaran sengketa ini.

Sementara itu, Perselisihan maritim Asia yang melibatkan China semakin meningkat. Beijing dan Filipina saling tuding pada hari Minggu atas tabrakan antara kapal mereka di bagian Laut China Selatan (LCS) yang diklaim masing-masing negara, menandai konfrontasi kedua dalam beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*